WAROENG BELAJAR

Sabtu, 28 April 2012

PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU KLS IX

Para Pendidik yang budiman, alhamdulillah atas berkat dan rahmat Allah pada hari ini saya bisa mengedepankan Perangkat Pembelajara IPA Kls 9 MTs/SMP semoga ini bermanfaat :
1. Promes IPA Kls 9 Smstr I, Download
2. RPP IPA Kls 9 Smstr II, Download
3. Prota IPA Kls Smstr I-II, Download
4. Silabus IPA Kls 9 Smstr II, Download
5. Promes IPA Kls 9 Smstr II, Download
6. Silabus IPA Kls 9 Smstr I, Download
7. Tugas Kelompok Kls 9, Download
8. Rekapitulasi Minggu Efektif, Download
9. KKM IPA Kls 9 Smstr Gasal, Download
10. KKM IPA Kls 9 Smstr Genap, Download
11. Pemetaan SK dan KD IPA Kls 9, Download

Demikian para pendidik yang budiman, yang bisa kami upload sementara terkait dengan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Kls 9, Bagi yang membutuhkan silahkan download dipersilahkan, dan semoga bermanfaat.
READ MORE - PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU KLS IX

Minggu, 22 April 2012


TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) menjadi pemersatu kader NU dan tersebar di banyak tempat. Ketua Umum Pengurus Pusat ISNU, Ali Masykur Musa mengatakan, susunan kepengurusan ISNU periode 2012-2017 saat ini, mengambarkan bersatunya kader NU yang selama ini belum terkonsolidasi dengan baik untuk membesarkan dan memajukan NU.
"ISNU berniat menyatukan tulang-tulang NU yang terserak. Merangkul komponen berkualitas NU yang tak terangkum dalam struktural NU. Ternyata, banyak kader NU yang berkualitas, mempunyai posisi cukup penting di berbagai lembaga tinggi negara atau pun swasta yang mapan," kata Ali Masykur Musa, Minggu (22/4/2012).
Beberapa nama masuk dalam jajaran pengurus ISNU periode saat ini. Antara lain, Irnanda Laksanawan (Deputi Menteri Negara BUMN Bidang Usaha Industri Strategis dan Manufaktur, Udoro Kasih Anggoro (Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian), Dewi Ariani (AnggotaKomisi VII DPR RI), YudiLatief (Direktur Reform Institute), M FajrulFalaakh (PakarHukum Tata Negara, Fakultas Hukum UGM).
Sementara itu, di jajaran dewan penasehat, terdapat nama-nama beken yang telah lama melang melintang dalam dunia politik dan aktivis NU. Antara lain As'ad Said Ali, Taufikurrahman Ruki, Idrus Marham, Suryadharma Ali, Muhaimin Iskandar, Choirul Anam, Khofifah Indar ParawansaYenni Arifah Chafsoh Wahid,Ahmad Bagdja, dan Ahmad Mubarok.
Sedangkan di jajaran Dewan Kehormatan juga terdapat nama-nama populer. Antara lain Mahfud MD, Arief Mudatsir Mandan, Sinta Nuriyah Wahid, Aboe Amar Joesoef, Ali Maschan Moesa, Muhyidin Arubusman, Hasan Bisri, Oesman Sapta Odang, Djan Faridz, Helmy Faisal Zaini, Fauzi Bowo dan Ratu Atut Chosiyah. (selengkapnya lihat susunan kepengurusan).
ISNU rencananya akan menggelar pelantikan pengurus pada Selasa (24/4) mendatang, di Balai Kartini, Jakarta. Pelantikan akan dilakukan oleh Ketua Umum pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj. "Ini akan menjadi momentum bangkitnya sarjana-sarjana NU," kata Ali Masykur.
Ali Masykur menambahkan, ISNU berperan membantu NU dalam mengemban amanah meningkatkan kesejahteraan umat. Hal itu telah tertuang jelas pada Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga ISNU. ISNU akan menghimpun dan mengorganisasikan para warga ilmuwan serta insan profesional pondok pesantren NU atau sarjana dan guru besar pendidikan umum dari berbagai disiplin ilmu secara modern dan terarah.
"ISNU akan memfungsikan organisasi sebagai laboratorium NU, membantu NU dalam mencarikan solusi pemecahan permasalahan, dan membantu NU dalam meningkatkan kualitas SDM, sekaligus menyiapkan generasi NU masa depanyang lebih berbobot, bemoral, religius, dan mumpuni," jelasnya.
READ MORE -

Sabtu, 14 April 2012

Macam Logo dan Undangan


Para Pemerhati yang budiman berikut ini adalah kumpulan logo universitas di indonesia dan lain-lain serta gambar-gambar untuk setting undangan, juga di sertakan contoh undangan - undangan walimahan, syukuran dll. Silahkan download aja ..
logo Departemen Agama Indonesia
logo Departemen Agama Indonesia 2
logo Kabupaten Batang
Logo bank Danamon
logo bhaki husada
logo catur sakti
gambar bayi
gambar bola dunia
logo bina cipta husada
logo bendera kokpit
logo ikip pgri semarang
logo ikip veteran semarang
logo ikip veteran semarang 2
logo koperasi
gambar garuda pancasila
gambar garuda 2
logo FPPL
logo AKBID harapan Ibu Pekalongan
logo Propoinsi Jawa Tengah
logo stie muhammadiyah pekalongan
logo stikes muhammadiyah pekalongan
logo OSIS
UNIKAL pertanian
UNIKAL Kesehatan
PMR Wira
UNIKAL ekonomi
unikal
unisbank
unisula
SMA A. YANI Batang
SMK Bhakti Praja Batang
SMU Bhakti Praja Batang
Universitas Pancasakti Tegal
politeknes Kendal
Politeknes Semarang
STAIN Pekalongan
Kebidanan Kendal
Unikal fakultas hukum
STIMIK Pekalongan


macam-macam undangan :
kelahiran yang di tempatkan dalam kardus
tasyakuran mitoni
tasyakuran dundunan di tempatkan dalam kardus
walimatul khamli.
tahlil mendak
kelahiran di tempel di tembok
tahlil mendak 2
aqiqoh
undangan khoul
tasyakuran khitan di dalam besek
undangan kelahiran
ucapan selamat ulang tahun
aqiqoh dalam besek
tasyakuran nikah
iring-iring pengantin
pengantin di tempatkan dalam besek
undangan di bagi 4
undangan puputan
tahlil mendak dalam kardus makanan
tasyakuran mitoni
walimatul ursy
kelahiran tempel tembok
walimatul khamli dalam besek
mantenan kecil
undangan walimatul khitanwalimatul khitan 2
undangan khitan kecil2
khitan dalam kardus makanan
undangan acara maulid nabi Muhammad SAW
undangan mendak 2 tahun

Silahkan Download dan semoga bermanfaat, tapi jangan lupa beri komentar 
READ MORE - Macam Logo dan Undangan

OBSERVASI DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN


BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Sejak diberlakukannya Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang saat ini telah diperbaharui dengan Undang-undang No. 2 tahun 2003 beserta peraturan lainya maka penyelenggaraan pendidikan di sekolah bernaung di bawah satu sistem pendidikan nasional. Dengan demikian pemerintah berkewajiban untuk membina perkembangan pendidikan nasional. Pemerintah juga wajib mengetahui dan mengawasi kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah sendiri atau yang diselenggarakan oleh masyarakat. Pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah ini lebih merupakan upaya untuk memberikan bimbingan, dorongan dan pengayoman bagi semua satuan pendidikan yang bersangkutan yang diharapkan terus menerus dapat meningkatkan mutu pendidikan maupun mutu pelayanannya. Pengawasan atau supervisi ini dilakukan untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai pengalolaan sekolah yang meliputi aspek akademik dan manajerial. Melalui supervisi ini diharapkan dapat diketahui dengan jelas dan obyektif kekuatan dan kelemahan pengelolaan maupun kegiatan pendidikan di sekolah . apabila terdapat penyimpangan, maka penyebabnya dapat segera diketahui dan selanjutnya dapat diambil langkah-langkah untuk mengatasinya.
Sebagai ujung tombak kegiatan pendidikan di sekolah adalah guru. Maka untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran di kelas apakah sudah sesuai dengan peraturan yang ada atau belum, maka diperlukan kegiatan supervisi pembelajaran di kelas.
Pelaksanaan supervisi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan oleh pengawas dan Kepala Sekolah terhadap para guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dapat dirumuskan dengan merumuskan  perancangan supervisi pembelajaran dengan berbagai tehnik pilihan. Diantaranya adalah dengan tehnik pengamatan/observasi, wawancara dan visitasi.
B.     TUJUAN PENULISAN
Penulisan makalah ini bertujuan agar para supervisor dapat merancang tehnik dan dapat melaksanakan kegiatan supervisi pembelajaran di kelas dengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka supervisor akan melaksanakan tugasnya dengan total, ini berarti bahwa tujuan supervisi tidak hanya untuk memperbaiki cara mengajar guru di kelas tapi termasuk pengadaan fasilitas-fasilitas pendukung dalam pembelajaran yang lain.

C.    RUMUSAN MASALAH
Makalah yang berjudul Pengamatan/Observasi Dalam Tehnik Perancangan Supervisi Pembelajaran mengambil beberapa masalah untuk dibahas, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Pengertian observasi
2.       Jenis-jenis observasi
3.      Tujuan observasi
4.      Apa yang akan di observasi
5.      Syarat-syarat untuk memperoleh data dalam observasi
6.      Kriteria yang dipakai dalam observasi
7.      Prinsip-prinsip observasi
8.      Prosedur observasi
9.      Keuntungan dan kelemahan observasi
10.  Alat-alat observasi
11.  Contoh lembaran observasi kelas







BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN OBSERVASI
Di sini akan dibahas mengenai pengertian observasi, diantaranya :
1.      Menurut Pauline Young, observasi adalah suatu studi yang dilakukan dengan sengaja/terencana dan sistematis melalui penglihatan/pengamatan terhadap gejala-gejala spontan yang saat itu terjadi .
2.      Menurut Jakoda, observasi adalah suatu cara yang paling dasar untuk mendapatkan informasi mengenai gejala-gejala sosial melalui proses pengamatan.
3.      Menurut Suharsini Arikunto, observasi kelas adalah kunjungan yang dilakukan oleh supervisor baik pengawas atau kepala sekolah ke sebuah kelas dengan maksud untuk mencermati situasi atau peristiwa yang sedang berlangsung di kelas yang bersangkutan.

B.     JENIS-JENIS OBSERVASI
1.      Menurut Piet A. Sahertian
a.       Observasi langsung (direct observation), dengan menggunakan alat observasi supervisor mencatat yang dilihat pada saat guru sedang mengajar.
b.      Observasi tidak langsung (indirect observation), orang yang diobservasi dibatasi oleh ruang kaca di mana murid-murid tidak mengetahuinya biasanya dilakukan dalam pengajaran mikro di laboratorium.
2.      Menurut IGAK Wardhani, dkk.
a.       Observasi terbuka, pengamat tidak menggunakan lembar observasi, hanya menggunaka kertas kosong untuk mencatat kegiatan yang diamati.
b.      Observasi terfokus, pengamat hanya mengamati pada fokus yang disepakati sebelumnya.
c.       Observasi terstruktur, pengamat menggunakan instrumen observasi yang terstruktur dan siap pakai, hanya tinggal membubuhkan tanda (√).
d.      Observasi sistematik, observasi ini lebih rinci dari observasi terstruktur dalam kategori data yang diamati, misalnya adalah guru dalam memberi penguatan dikategorikan penguatan verbal atau non verbal.

C.    TUJUAN OBSERVASI
1.      Untuk memperoleh data yang seobyektif mungkin sehingga bahan yang diperoleh dapat digunakan untuk menganalisa kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru-guru dalam usaha memperbaiki hal belajar mengajar.
2.      Bagi guru sendiri data yang dianalisis akan dapat membantu untuk mengubah cara-cara mengajar ke arah yang lebih baik.
3.      Bagi murid-murid sudah tentu akan menimbulkan pengaruh positif terhadap kemajuan belajar mereka.

D.    HAL-HAL APA YANG DIOBSERVASI
Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai maka supervisor harus mengetahui dengan jelas apa saja yang harus diobservasi. Hal- hal yang perlu diobservasi antara lain:
1.      Usaha serta kegiatan guru dan murid
2.      Usaha dan kegiatan antara guru dan murid dalam hubungan dengan penggunaan bahan dan alat pelajaran.
3.      Usaha kegiatan guru dan murid dalam memperoleh pengalaman belajar.
4.      Lingkungan sosial, fisik sekolah baik di dalam maupun di luar ruang kelas dan faktor-faktor penunjang lainnya.




E.     SYARAT-SYARAT UNTUK MEMPEROLEH DATA DALAM OBSERVASI
Untuk memperoleh data dalam pelaksanaan observasi, maka perlu syarat yang harus dimiliki oleh pengamat itu sendiri. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :
1.      Menciptakan situasi yang wajar (ketika masuk kelas). Mengambil tempat duduk yang tidak menjadi pusat perhatian anak Tidak mencampuri guru dalam mengajar
2.      Harus dapat membedakan mana yang penting untuk dicatat dan mana yang tidak penting.
3.      Jangan melihat kelemahan tapi melihat bagaimana cara memperbaikinya.
4.      Harus memperhatikan kegiatan murid dalam proses belajar mengajar.

F.     KRITERIA YANG DIPAKAI DALAM OBSERVASI
1.      Bersifat objektif, maksudnya data yang dicatat adalah data yang sebenarnya.
2.      Data yang dicatat harus sesuatu yang dilihat (valid).
3.      Data yang tidak tepat sesuai yang dimaksud, maka dengan sendirinya tidak dapat dipercaya.

G.    PRINSIP-PRINSIP OBSERVASI
Menurut Hopkins (1990) seorang pengamat dalam melaksanakan observasi harus memiliki lima prinsip dasar yang sangat penting yaitu :
1.      Perencanaan bersama
Observasi yang baik harus diawali dengan perencanaan bersama antara pengamat dengan guru yang diamati. Bertujuan membangun rasa saling percaya dan menyepakati apa saja yang akan diamati.
2.      Fokus
Dengan pengamatan yang fokus sesuai yang disepakati maka akan menghasilkan data yang sangat bermanfaat.
3.      Membangun kriteria
Kriteria keberhasilan sudah disepakati bersama antara pengamat dan guru. Misalnya seorang guru menarjetkan di kelas dari 40 siswa diharapkan dapat melibatkan 35 siswa dalam pembelajaran.
4.      Ketrampilan Observasi
Seorang pengamat yang baik minimal harus memiliki tiga ketrampilan yaitu :
a.       Dapat menahan diri untuk tidak cepat memutuskan dalam menginterprestasikan suatu peristiwa.
b.      Dapat menciptakan suasana yang memberi dukungan.
c.       Menguasai berbagai tehnik dalam observasi.

H.    PROSEDUR OBSERVASI
Pada dasarnya prosedur atau langkah-langkah dalam observasi ada tiga tahap yaitu :
1.      Pertemuan pendahuluan
Pertemuan pendahuluan yang sering disebut sebagai pertemuan perencanaan dilakukan sebelum observasi berlangsung. Tujuannya untuk menyepakati hal-hal apa saja yang harus diamati.
2.      Pelaksanaan observasi
Pengamat merekam/menginterprestasikan data sesuai dengan kesepakatan dan berusaha menciptakan suasana yang mendukung berlangsungnya proses perbaikan.
3.      Diskusi balikan
Diskusi balikan ini dilakukan segera setelah pengamatan ini berakhir. Makin cepat pertemuan lebih baik, dan jangan sampai ditunda lebih dari 24 jam. Dalam diskusi ini pengamat dan guru berbagi informasi yang dikumpulkan selama pengamatan, mendiskusikan serta mengambil tindakan lebih lanjut jika diperlukan.


I.       KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN OBSERVASI
1.      Keuntungan observasi adalah :
a.       Memungkinkan perekaman/pencatatan gejala-gejala apa adanya.
b.      Pengamatan langsung dapat mennguji kebenaran dan keyakinan peneliti akan kebenaran data dan menghapus keraguan.
c.       Mampu memahami tingkahlaku yang komplek dan situasi yang rumit
d.      Memperoleh gambaran berbagai tingkahlaku dalam waktu yang bersamaan.
2.       Kelemahan observasi adalah :
a.       Sangat tergantung pada individu yang melakukan observasi (terjadi hallo effect), contohnya: jika pengamat senang pada guru yang diamati akan dianggap positif semua, begitu sebaliknya.
b.      Observasi dipengaruhi oleh responden yang diamati. Guru ketika akan diobservasi/diamati, dia akan mengatur tingkah lakunya dalam pembelajaran agar menjadi lebih baik. Berbeda dengan kondisi alamiah atau kondisi biasanya.

J.      ALAT-ALAT OBSERVASI
Untuk memperoleh data tentang situasi belajar mengajar di kelas, maka supervisor bisa menggunakan beberapa alat observasi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Check-list, adalah: suatu alat untuk mengumpulkan data dalam melengkapi keterangan-keterangan yang lebih obyektif terhadap situasi belajar dan mengajar di dalam kelas. Bentuk dari check-list merupakan daftar yang berisi item-item yang sudah disediakan lebih dahulu dan supervisor tinggal mengecek tiap-tiap item tersebut. Masing-masing item sudah ditentukan kriteria penilaiannya.
2.      Evaluative Check-list, adalah: suatu daftar yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang disusun secara berkelompok dan merupakan standar beserta skala penilaiannya. Susunannya dapat berupa pertanyaan atau item-item yang dijawab dengan “YA” atau “TIDAK”.
3.      Aktivity Check-list, adalah: suatu daftar kegiatan yang dijawab oleh si penjawab dengan cara mengecek. Daftar tersebut berisi pertanyaan khusus tentang kegiatan yang biasanya dicek memakai skala “YA” atau “TIDAK”.

K.    CONTOH LEMBARAN OBSERVASI KELAS
Dalam menyusun lembaran observasi kelas ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Tujuan lembaran adalah untuk mencatat data kuantitatif tentang proses belajar mengajar.
2.      Fungsinya menggambarkan sampai mana tingkat keberhasilan guru dalam menggunakan model pembelajaran.
3.      Aspek-aspek kegiatan yang diobservasi dan dicatat adalah :
a.       Apakah guru merumuskan tujuan secara operasional?
b.      Apakah tujuan pelajaran dapat dicapai hari ini?
c.       Berapa prosen anak yang ikut aktif dalam pembelajaran?
d.      Adakah usaha kreatifitas anak untuk memecahkan masalah, baik pribadi maupun kelompok?
e.       Sampai dimana keterampilan guru dalam mengorganisasikan kegiatan belajar?
f.       Bagaimana peran alat dan sumber yang digunakan?
g.      Jenis tes apa yang digunakan?
h.      Apakah guru memperhatikan dan menolong anak yang mengalami kesulitan dalam belajar?
4.      Cara mengisi lembar observasi
a.       Setelah mengadakan pengamatan, supervisor mengisi kolom-kolom (A, B, C, D, E) dalam lembar observasi dengan tanda chek (√).
b.      Kriteria penilaian adalah sebagai berikut :
A = 81 – 100 (baik sekali)
B = 61 – 80 (baik)
C = 41 – 60 (cukup)
D = 21 – 40 (kurang)
E = 0 – 20 (sangat kurang)
c.       Contoh cara menghitung penilaian
Guru B setelah diobservasi dengan 7 (tujuh) poin mendapat nilai :
1.      B = 70
2.      B = 70
3.      C = 50
4.      C = 50
5.      B = 70
6.      C = 50
7.      C = 50
Jumlah = 410, Rata-rata
=
410
=
58,57
7
Jadi, nilai 58,57 termasuk klasifikasi C = cukup.
5.      Contoh lembar observasi kelas
SUPERVISI AKADEMIK

(OBSERVASI PEMBELAJARAN DI KELAS)



Nama Guru              : ……………………………..

NIP                          : ……………………………..

Pangkat/Gol.            : ……………………………..

Mengajar di Kelas    : ……………………………..

Hari/Tanggal            : ……………………………..



No
Nama Kegiatan
A
B
C
D
E
I.
PERSIAPAN






1.   Program tahunan dan semester






2.   Silabus






3.   Rencana pelaksanaan pembelajaran






4.   Buku nilai (diisi nilai harian dan tugas)





II.
KEGIATAN PEMBELAJARAN






A. Pendahuluan






5.   Menyiapkan media/peraga pembelajaran






6.   Menghubungkan pengalaman belajar dengan materi yang akan dipelajari






7.   Penyampaian cakupan materi






B.  Kegiatan Pokok






8.   Penguasaan materi






9.   Penyajian sesuai dengan urutan yang logis






10.  Metode/pendekatan sesuai dengan materi






11.  Penggunaan alat peraga/alat bantu mengajar yang sesuai






12.  Memicu dan memelihara ketertiban kelas






13.  Bimbingan kepada siswa






14.  Menanggapi pertanyaan dan respon siswa






15.  Penggunaan bahasa yang baik dan benar






16.  Pengembangan keterampilan siswa







17.  Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari







18.  Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran







19.  Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran







20.  Pencapaian tujuan pembelajaran







21.  Peka terhadap kesalahan bahasa anak







22.  Pencapaian tujuan pembelajaran







C. Penutup







23.  Melaksanakan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari







24.  Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari







25.  Melaksanakan kegiatan tindak lanjut






J U M L A H
















Kesimpulan : ……………………………………………………………….
                       ……………………………………………………………….
                       ……………………………………………………………….
                       ……………………………………………………………….
Saran            : ……………………………………………………………….
                       ……………………………………………………………….
                       ……………………………………………………………….
                       ……………………………………………………………….

                                                                        ……………, ………………
Kepala Sekolah,                                              Guru,


…………………………………                    ………………………………
NIP.                                                                NIP.
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Untuk mengetahui dan memperoleh data tentang pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas, maka supervisor harus mengadakan tehnik supervisi pembelajaran berupa observasi kelas. Dengan melaksanakan observasi supervisor dapat mengamati secara langsung kejadian-kejadian yang terjadi saat kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung. Sehingga apa yang diharapkan oleh pengamat untuk memperoleh gambaran secara nyata proses pembelajaran di kelas dapat terpenuhi dengan baik. Dalam melaksanakan pengamatan/observasi kelas pengamat bisa memilih berbagai jenis observasi yang akan digunakan dalam mengamati kegiatan pembelajaran guru di kelas. Agar tahapan-tahapan dalam proses observasi bisa berjalan dengan baik maka pengamat harus melaksanakan observasi sesuai dengan prinsip-prinsip dalam observasi.

B.     Saran
Dalam melaksanakan observasi di kelas hendaknya pengamat dan guru yang diobservasi saling bekerja sama dan bersama-sama terlibat dalam proses pertumbuhan profesional yang saling menguntungkan. Kemampuan mengajar dan ketrampilan mengobservasi kelas bagi seorang pengamat akan meningkat dengan melaksanakan tahap-tahap observasi dengan benar.








DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsini, 2006. Dasar-dasar Supervisi, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Sudharto dkk, 2010. Profesi Keguruan, Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Sahertian Piet A, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Wardhani IGAK, dkk, 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : UIVERSITAS TERBUKA
http://www.google.com

Untuk Temen-temen yang mau Download Slide yang berkenaan dengan Supervisi di bawah ini :

Selamat Menikmati dan semoga bermanfaat................. 



READ MORE - OBSERVASI DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN
Biografi dan Profil Tokoh TerkenalRumah Yatim, Anak Yatim, Panti Yatim, Panti Asuhan, Panti Sosial, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Baitul Maal, Sedekah, Zakat, Infaq, Wakaf, Hibah, Donatur, Badan, Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, Dompet Peduli, Pondok Yatim, Pecinta YatimToko Online Aksesoris wanita no.1 di Indonesia-Aini's CollectionFree automatic backlinks exchangeAuto Backlink Gratis Indonesia : AUTO BACKLINK Teralis, Railing Tangga, Railing Balkon, Kanopi, Pintu Besi, Pintu Pagar, Pagar Besi, Pintu Garasi, Tangga BesiALAT BANTU SEX- OBAT KUATDaftar PTC Indonesia pilihan yang selalu membayar Ptc indonesia terbaru,ptc indonesia terpercaya,daftar ptc terpercaya,list ptc indonesia terpercaya,situs ptc indonesia yang bisa dipercaya Free Automatic Backlinks ExchangesFree Automatic Backlinks ExchangesFree Automatic Backlinks ExchangesAqillah Aziz indian classifieds, india classified ads, free classified ads, buy sell free classifieds from india, classified yellow pages, indian ads, post free ads, indian advertisements, free advertising, post sell ads, post buy ads, free job postings, free matrimonial ads, car classifieds, auto classifieds, used stuff, local ads, ads for sale, local classifieds india, click india, property for sale, sell used cars, education institutes, travel deals, mumbai real estate, new delhi restaurants, hotels in bangalore, online classifieds india, buy sell free classifieds, online ads, free ads, indian ads, where can i post free ads, post free business ads, post free employment ads, free online ads posting, how to post free ads, post free banner ads, post free ads internet, free business advertising, local classified ads, free internet classified ads, post free dog ads, placing free ads online, free online advertising sites, where to place free classified ads, used cars classified ads, submit free classified ads, sites to post ads for free, kijiji, free classifieds nyc, post free classified ads no registration, sell car free ads, free online advertising sites, autos, ads for, one india, free classifieds in keralagrahafenomenahati. ALBUM KELUARGA H.M SOEKARNO Rt.04/03 PATIKRAJADownload Mp3 Lagu Religi Mawar Biru Keris adalah budaya asli Indonesia BACKLINK OTOMATIS GRATIS Fenomena Hati . download-aplikasi-gratisbanyumas Pustaka Link Fenomena Hati download-aplikasi-gratisbanyumasdownload-aplikasi-gratisbanyumasSAHABAT UNGU Ciptaan Terbaik Tuhan
Ratu Galunggungarinmawarbirukita download-aplikasi-gratisbanyumas
Kumpulan Artikel Islamiperjalananjihad Daftar Lagu Islami Desa Patikraja. Solusi hosting gratis dari Google Code CHANNEL---TV---DESA PATIKRAJA 10 000 000 Backlinks. 10 000 000 Backlinks. Bunda Watie  Link Exchange/Tukar Link. Media-Aisah Bella  Arin Mawar Rindu (Puisi Biru)Link Exchange/Tukar Link. CHANNEL---TV---Ugiarti Pratiwi AISAH BELLA Exchange/Tukar Link. CHANNEL---TV---AISAH BELLA  Bunda Watie  Link Exchange/Tukar Link. Majalah Roro Mendot  cewek cantik Indonesia   Arin Mawar Rindu (Puisi Biru)Link Exchange/Tukar Link. Bunda Watie  Link Exchange/Tukar Link. NYAI Roro Mendot-AISAH BELLA  AISAH BELLA Exchange/Tukar Link.

submit your site