PLPG Tahap III Univeristas Muslim Nusantara (UMN)
A. Waktu Pelaksanaan : Tanggal 16 - 25 Juli 2012
B. Peserta:
PESERTA KAB/KOTA
|
PESERTA KAB/KOTA
|
|
KOMPETENSI GURU BAHASA JAWA
|
1. Mernahami landasan dan wawasan pendidikan
|
a. Mehamahi landasan pendidikan, fliosofis, sosiologis, cultural, psikologis, ilmiah dan teknologis.
|
b. Memahami asas-asas pokok pendidikan.
|
c. Memahami aliran-aliran pendidikan.
|
d. Memahami teori belajar.
|
e. Memahami peserta didik.
|
f. Memahami pendekatan system dalam pendidikan.
|
g. Memehami tujuan pendidikan nasional.
|
h. Memahami kebijakan-kebijakan pendidikan nasional.
|
i. Mernahami kebijakan pendidikan di SLTP.
|
2.
Memahami materi pembelajaran Bahasa Jawa Menguasai pokok-pokok
bahasan pembelajaran Bahasa Jawa yang terdiri dari empat pokok
bahasan.
|
a. Ketrampilan berbahasa Jawa, meliputi:
|
1) menyimak;
|
2) berbicara;
|
3) membaca;
|
4) menulis, meliputi menulis huruf latin berbahasa Jawa dan menulis dengan hurufJawa.
|
b. Kebahasaan, meliputi:
|
1) fonologi Bahasa Jawa;
|
2) morfologi Bahasa Jawa;
|
3) sintaksis Bahasa Jawa;
|
4) semantik Bahasa Jawa;
|
5) wacana Bahasa Jawa.
|
c. Materi Kesusasteraan, meliputi pengetahuan tentang tembang, guritan, parikan, dan carita cekak.
|
d. Materi ketrampilan bersastra, meliputi nembang macapat dan dolanan, maca guritan.
|
3. Menguasai pengelolaan pembelajaran Bahasa Jawa
|
a. Mampu mengidentifikasi karaktenstik peserta didik
|
b. Mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran Bahasa Jawa
|
c. Mampu mengembangkan maten pembelajaran Bahasa Jawa
|
d. Mampu mengembangkan metode, media, dan sumber belajar
|
e. Mampu menentukan strategi pembelajaran
|
f. Memiliki ketrampilan dasar-dasar pembelajaran Bahasa Jawa
|
g. Mampu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sesuai tujuan dan karktenstik Bahasa Jawa
|
4. Menguasai evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa.
|
a. Menguasai konsep evaluasi.
|
b. Mampu memilih dan mengembangkan metode evaluasi sesual sesuai tujuan pembelajaran Bahasa Jawa.
|
c. Mampu mengembangkan instrument evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa.
|
d. Mampu melaksanakan evaluasi, pensekoran, dan interpretasi hasil evaluasi.
|
e. Mampu menggunakan hasil-hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Jawa.
|
5. Memiliki kepribadian, wawasan profesi dan pengembangannya.
|
a. Memiliki sikap, nilai moral dan berperilaku sebagai pendidik.
|
b. Memiliki integritas dan dedikasi sebagai pendidik.
|
c. Memiliki komitmen terhadap pengembangan profesi.
|
d. Mampu mengkomunikasikan gagasan-gagasan secara efektif dalam forum imiah (lisan dan tulisan).
|
e. Menguasai metodologi penelitian dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk kepentingan pembelajaran.
|
f. Mampu mengadopsi dan mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan.
|
Sumber Bacaan : Makalah Konggres bahasa Jawa, Kompetensi Pengajar
|