Jumat, 20 Juli 2012
MATERI MOS WAWASAN KEMADRASAHAN
BAB II
WAWASAN KEMADRASAHAN
A. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
Materi Pokok
Firman Allah SWT tentang Wawasan Kemadrasahan : Mujadilah : 11
Artinya ;
Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Setiap orang atau lembaga yang ingin maju pasti akan memiliki pandangan atau cita-cita atau biasa kita sebut dengan Visi. Tentunya cita-cita atau visi tersebut bukan hanya keinginan semata akan tetapi diharapkan terwujud. Seseorang yang ingin menjadi dokter pasti melalui proses yang panjang, mulai pendidikan dasar ia jalani sampai dengan pendidikan tinggi dengan jurusan yang sesuai. Tidak akan mungkin memiliki cita-cita menjadi seorang dokter kemudian masuk perguruan
tinggi dengan jurusan teknik. Demikian juga madrasah kalian pasti memiliki visi yang ingin diwujudkan. Untuk merealisasikan visi tersebut semua komponen yang ada di madrasah harus ikut secara maksimal. Sekarang apa yang bagaiamana pendapatmu agar visi madrasahmu bisa terwujud? Untuk mewujudkan visi diperlukan tindakan yang sesuai atau bisa kita sebut dengan misi. Coba diskusikan bagaiamana merealisasikan misi yang dimiliki oleh madrasahmu! Motivasimu masuk ke madrasah akan sangat menentukan keberhasilanmu dalam pembelajaran. Duh pula pada seberapa besar upaya yang akan dilakukan terhadap pencapaian visi dan misi madrasahmu. Dalam rangka merealisasikan visi dan misi madrasah maka ditentukan tujuan. Tujuan inilah yang akan memperjelas pencapaian visi maupun misi. Menurut kalian bagaiamanakah peran kalian untuk ikut aktif melaksanakan tujuan madrasah? Untuk mewujudkan visi dan misi madrasah kalian harus memiliki kemauan dan kerja keras serta bekerja sama seluruh komponen madrasah melaksanakan kegiatan-kegiatan madrasah dengan penuh tanggung jawab .
B. CIRI KHAS MADRASAH
1. Akhlak Berpakaian
Materi Pokok:
Firman Allah SWT tentang: Akhlak Berpakaian QS. Al-A’raaf: 26
Artinya ;
Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa. Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.
Baca dan renungkan dua ayat tersebut di atas! Apa yang dapat kalian petik dari dua ayat tersebut di atas yang berkaitan dengan cara kita berpakaian? Sebagai seorang muslim yang mencintai bangsanya kita menggunakan pakaian yang dapat menjaga kehormatan dirinya serta suka menggunakan produksi dalam negeri.
2. Akhlak Berbicara
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang: Akhlak berbicara : QS. An-Nisaa: 114
Artinya; Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau Mengadakan perdamaian di antara manusia. dan Barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keredhaan Allah, Maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.
Cobalah kalian fahami ketiga ayat tersebut di atas! Apa yang terkandung dalam ayat tersebut dan bagaimanakah adab seorang muslim ketika berbicara dan mendengarkan pembicaraan orang lain?
3. Akhlak Pergaulan
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang Akhlak Pergaulan : QS. Al-Hujurat : 13
Artinya ;
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
Cobalah kalian renungkan ayat tersebut di atas! Mengapa kita diperintahkan untuk senantiasa bergaul dengan sesama dengan baik. Hikmah apa yang dapat kita ambil mengapa kita diperintahkan untuk selalu bergaul sesuai denga ayat tersebut di atas?
C. KURIKULUM
1. Struktur Kurikulum
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang struktur kurikulum : QS.al-Baqarah : 2
Artinya ; Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan pendidikan tertentu tersebut mencakup tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada standar nasional pendidikan bertujuan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses,kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,pembiayaan, dan penilaian pendidikan.
2. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang KKM : QS. Ar-Rahman : 9
Artinya; dan Tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.
KKM adalah batas minimal nilai yang harus dicapai oleh peserta didik. Setiap mata pelajaran memiliki batas minimal nilai yang disebut dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang harus dicapai siswa agar dapat naik jenjang kelas berikutnya. Siswa yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi pastilah akan berusaha keras untuk mendapatkan nilai terbaik di setiap mata pelajaran. Karena jika nilai mata pelajaran yang diperolehnya lebih rendah dari Kriteria niliai minimal yang harus diperoleh siswa atau yang biasa disebut dengan KKM, maka ia akan tertinggal di kelasnya. Setelah kalian mengetaui KKM masing-masing pelajaran di madrasahmu tentu sudah memiliki kiat atau strategi yang akan kalian lakukan agar bisa memperoleh nilai melebihi matas minimal. Upaya apa yang harus kalian lakukan agar dapat memperoleh nilai yang baik? Sebagai rasa syukur pada Allah SWT, serta rasa sayangmu kepada orang tua yang telah bekerja keras membiayai kebutuhanmu sehingga memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan belajar, Apa yang dapat kalian lakukan untuk dapat mempersembahkan sesuatu yang terbaik di hadapan Allah dan orangtuamu? Ingatlah bahwa kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya akan tetapi harus diraih dengan kerja keras dan bertawakkal pada Allah SWT.
3. Kriteria Kenaikan Kelas
Materi Pokok
Firman Allah SWT tentang Kriteria Kenaikan Kelas QS. Al-Hujurat : 13
Artinya; Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
a. Upaya memenuhi Kreteria Kenaikan Kelas
Untuk dapat naik kelas jenjang berikutnya, kalian harus dapat memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh madrasah atau yang biasa disebut dengan Kreteria Kenaikan Kelas. Karenanya kalian harus berusaha keras memenuhinya. Semangat yang tinggi, bekerja keras serta belajar rajin akan sangat membantu kalian mampu untuk memenuhi persyaratan tersebut.
b. Contoh Ketentuan Kreteria Kenaikan Kelas
Kriteria Kenaikan Kelas sebagai berikut :
a. Persyaratan akademik :
1. Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran
2. Menyelesaikan seluruh program pada dua semeter dikelas yang diikuti
3. Telah mencapai KKM
4. Kenaikan kelas didasarkan pada nilai semester I dan II dengan cara perhitungan :
a. Menghitung nilai rata-rata semester I dan II pada mata pelajaran tersebut
b. Menghitung rata rata KKM semester I dan II pada mata pelajaran tersebut
c. jika nilai rata-rata semester I dan II sama atau lebih besar dari rata-rata KKM, maka mata pelajaran tersebut dinyatakan tuntas
5. SK dan KD yang tidak tuntas maksimal 4 mata pelajaran
b. Persyaratan non akademik
1. Mengikuti kegiatan ektrakurikuler
2. Mempunyai nilai B (baik) pada nilai akhlak dan kepribadian
3. Hafal asmaul husna Kelas VIII
4. Hafal surat yasin kelas IX
5. Hafal dzikir dan tahlil kelas VIII.
6. Kehadiran minimal 85%
c. Persyaratan Karakter
Memperoleh nilai baik nilai karakter minimal B pada karakter religius, disiplin dan peduli lingkungan
d. Siswa dinyatakan mengulang di kelas yang sama apabila :
a. Tidak menuntaskan SK dan KD lebih dari 4 Mata Pelajaran
b. Tidak memenuhi keriteria kenaikan kelas
c. Ketika mengulang di kelas yang sama nilai siswa untuk semua indikator, kompetensi dasar dan standar kompetensi yang KKM-nya sudah dicapai minimal sama dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya.
Kita harus memiliki semangat kemandirian, tekun dan bekerja keras agar mampu memenuhi kriteria tersebut sehingga setiap jenjang kelasa dapat dilalui dengan baik.
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH
Alamat : Jl. Raya Jali – Demak Km.03 Kode pos 59552 08282577203
Nama : …………………………….. Alamat : …………………………………….
Materi : Wawasan Kemadrasahan Pemateri : Mudhofar, S. Pd.
Kerjakan dan jelaskan Soal Dibawah ini dengan benar dan tepat !
1.Apa yang menjadi motivasi kalian untuk memasuki madrasah ini? Jelaskan dan beri alasanmu!
2.Sebutkan langkah-langkah untuk mewujudkan motivasi kalian masuk madrasah ini !
3.Tuliskan dan ikrarkan komitmenu untuk mewujudkan motivasimu masuk madrasah ini!
4.Apa yang bisa kalian lakukan agar visi madrasahmu dapat terwujud?
5.Langkah-langkah apa yang kamu lakukan untuk mewujudkan misi dan tujuan madrasahmu!
6.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasahmu!
7.Identifikasilah ciri ciri berpakaian islami!
8.Kemukakanlah apa manfaat dari berpakaian islami!
9.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen untuk senantiasa berpakaian Islami!
10.Deskripsikanlah adab berbicara kepada orang tua, guru, masyarakat dan teman!
11.Apa yang kamu lakukan ketika berbicara dengan orang tua,guru,masyarakat dan teman!
12.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen bagaiamana kamu adab berbicara dengan orang tua, guru, teman dan masyarakat!
13.Bagaimanakah akhlaq pergaulan yang sesuai dengan ajaran Islam?
14.Bagaimanakah cara bergaul menurut Islam terhadap orang tua, guru, masyarakat dan teman?
15.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen bagaiamana kamu bergaul dengan orang tua, guru, teman dan masyarakat!
16.Kelompokkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama!
17.Sebutkan penyebab mata pelajaran yang disukai dan yang kurang disukai!
18.Langkah apa saja yang kamu lakukan pada mata pelajaran yang diminati agar dapat meningkat prestasinya!
19.Langkah apa saja yang kamu lakukan pada mata pelajaran yang kurang diminati agar
20.memperoleh hasil yang sama dengan pelajaran yang kamu minati!
21.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan agar semua mata pelajaran yang dipelajari memperoleh nilai baik!
22.Tulislah KKM masing-masing mata pelajaran di madrasah kamu!
23.Tuliskan langkah-langkah yang kamu lakukan untuk mencapai KKM yang telah ditentukan di madrasah!
24.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk dapat mencapai KKM di madrasahmu!
25.Jelaskan pengertian kriteria kenaikan kelas menurut pendapatmu!
26.Jelaskan mengenai ketentuan kriteria kenaikan kelas di madrasahmu!
27.Langkah-langkah apa yang kamu lakukan untuk mencapai kriteria kenaikan kelas tersebut? Sebutkan!
28.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen untuk senantiasa melakukan
29.langkah-langkah guna mencapai kriteria kenaikan kelas di madrasahmu!
Jawaban di sebaliknya !!!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Sudah Membacanya dan tolong kasih Komentarnya.