WAROENG BELAJAR

Jumat, 06 Juli 2012

MENGKRITISI RENSTRA SUATU INSTITUSI


 
 
KATA PENGANTAR


Puja dan Puji Syukur kami sampaikan atas berkat dan rahmat Allah SWT, atas terselesaikannya makalah ini, Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam semesta, dan semoga kita besok diakui sebagai ummatnya hari qiyamat kelak nanti, amiin.
Penulis menyadari, dalam menyelesaikan makalah ini tidak mungkin dilakukan sendiri, banyak faktor dan kalangan yang telah berpartisipasi dalam penyelesaian makalah ini. Penyelesaian makalah ini tak luput dari peran dan bantuan berbagai pihak yang memberikan dukungan dan motivasi pada penulis, ucapan yang tulus penulis sampaikan kepada beliau :
1.      Prof. Dr. H.A.T. Soegito, SH., M.M. Muhdi, SH, M. Hum. Dra. M.Th.S.R. Retnaningdyastuti, M. Pd. Selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pembelajaran, yang telah memberikan bimbingan, petunjuk, motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan makalah ini.
2.      Istri dan kedua anak kami, terutama si kecil mungil yang baru lahir satu minggu yang lalu serta teman-teman mahasiswa kelas II A Pasca Sarjana IKIP PGRI Semarang yang telah memberikan dorongan semangat kepada penulis.
3.      Semua pihak yang membantu penulis untuk penyelesaian makalah ini yang tidak bias kami sebut satu persatu, semoga amal baiknya di terima oleh Allah dan mendapat imbalan yang berlipat ganda.
Akhir kata penulis selalu berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia khususnya dalam masalah dasar-dasar pendidikan di sekolah. Saran dan kritik yang membangun kami butuhkan dalam perbaikan pada makalah-makalah berikutnya.



                                                                                    Semarang,         Juli 2012
                                                                                    Penulis

DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR……………………………………………………………...i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………….ii
BAB I      PENDAHULUAN………………………………………………............1
A.    Latar Belakang………………………………………………............1
B.     Tujuan……………………………………………………………….2
C.     Rumusan Masalah……………………………………………...........2

BAB II    PEMBAHASAN………………………………………………………..3
A.    Pengertian dan Konsep…….……………………………………….3
B.     Deskripsi Lembaga………………………………………………….5
C.     Analisis SWOT…………………………………..…………………6

BAB III   HASIL TELAAH……………………………………………………….8
A.    Pengertian Perencanaan Pendidikan………………………………..8
B.     Perencanaan Pendidikan Jangka Panjang…………………………..8
C.     Hasil Telaah………………………………………………………...10

BAB IV   PENUTUP……………………………………………………………...11
A.    Kesimpulan…………………………………………………………11
B.     Saran………………………………………………………………..11

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………...12
LAMPIRAN………………………………………………………………………..13









BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sistem  Pendidikan Nasional  dan  Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  Tahun  2005  tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah wajib memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi  standar  isi,  standar  kompetensi  lulusan,  standar  proses,  standar  pendidik  dan tenaga  kependidikan,  standar  sarana  dan  prasarana,  standar  pengelolaan  pendidikan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.  
Standar pengelolaan pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan,  pelaksanaan,  dan  pengawasan  kegiatan  pendidikan  pada  tingkat  satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan  pendidikan.  Standar  pengelolaan  pendidikan  mencakup  perencanaan program,  pelaksanaan  rencana  kerja,  pengawasan  evaluasi,  kepemimpinan  sekolah  dan sistem  informasi  manajemen.  Salah  satu  komponen  standar  pengelolaan  yang implementasinya  masih  kurang  mendapat  perhatian  di  sekolah  adalah  perencanaan program.  Komponen  perencanaan  program  sesuai  Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional Nomor  19  Tahun  2007  tentang  standar  pengelolaan  meliputi  visi  sekolah,  misi  sekolah, tujuan sekolah dan rencana kerja sekolah. Sekolah pada umumnya telah memiliki visi, misi dan  tujuan  sekolah,  tetapi  banyak  sekolah  yang  belum  memiliki  dokumen  rencana  kerja sekolah sesuai rambu-rambu yang ada.
Hasil supervisi dan masukan pada kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis (diklat/bintek) KTSP pada tahun 2009, menunjukkan bahwa seluruh sekolah telah menyusun program kerja tahunan,  namun  masih  terdapat  sekolah  yang  belum  menyusun  rencana    kerja    jangka menengah (empat tahunan) sebagaimana diatur dalam standar pengelolaan  pendidikan. Di samping  itu,  belum  semua  sekolah  menyusun  program  kerja  secara  komprehensif  dalam rangka pencapaian SNP. Salah satu kendalanya adalah karena dalam penyusunan program kerja tidak didukung dengan hasil analisis konteks yang mencakup analisis 8 (delapan) SNP, analisis satuan pendidikan dan analisis lingkungan satuan pendidikan. 
Sebagai respon atas temuan dan masukan tersebut, Direktorat Pembinaan SMA menyusun “Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Kerja Sekolah Jenjang SMA”, yang dapat digunakan bagi  sekolah  dalam  penyusunan  program  kerja  yang  komprehensif  dengan  hasil  yang optimal sesuai dengan potensi sekolah.

B.       Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengkritisi Renstra suatu instansi tertentu agar renstra tersebut dapat diketahui kekurangan dan kelebihannya. Disamping itu juga para dewan guru dapat memahami betul tujuan dari renstra yang dibuat oleh suatu instansi tersebut.

C.       Rumusan Masalah
Berdasarkan tujuan penulisan makalah diatas, masalah yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut :
1.      Pengertian dan Konsep
2.      Deskripsi Masalah
3.      Analisis SWOT
4.      Pengertian Perencanaan Pendidikan
5.      Perencanaan Pendidikan Jangka Panjang di MA. Nahdlatussybyan
6.      Hasil Telaah










BAB II
PEMBAHASAN




A.      Pengertian dan Konsep
             Standar  Nasional  Pendidikan  adalah  kriteria  minimal  tentang  sistem  pendidikan  di seluruh  wilayah  hukum  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  yang  didukung  oleh standar-standar  pengelolaan,  kompetensi  lulusan,  isi,  proses,  pendidik  dan  tenaga
kependidikan,  sarana  dan  prasarana,  pembiayaan,  dan  penilaian  (Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 1 butir 1 dan Pasal 2 ayat (1).
                 Standar pengelolaan pendidikan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah adalah standar  pengelolaan  pendidikan  untuk  sekolah/madrasah  yang  berkaitan  dengan perencanaan,  pelaksanaan,  dan  pengawasan  kegiatan  pendidikan  agar  tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan (Peraturan  Pemerintah  Nomor  19 Tahun 2005 Pasal 1 butir 9).
                 Standar  pembiayaan  adalah  standar  yang  mengatur  komponen  dan  besarnya  biaya operasi  satuan  pendidikan  yang  berlaku  selama  satu  tahun.  (Peraturan  Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 1 butir 10). Standar  biaya  operasi  nonpersonalia  untuk  SD/MI,  SMP/MTs,  SMA/MA,  SMK,  SDLB, SMPLB, dan SMALB adalah standar biaya yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasi nonpersonalia selama 1 (satu) tahun untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, SDLB,  SMPLB,  dan  SMALB  sebagai  bagian  dari  keseluruhan  dana  pendidikan  agar satuan  pendidikan  dapat  melakukan  kegiatan  pendidikan  secara  teratur  dan berkelanjutan sesuai Standar Nasional Pendidikan.
                 Rencana  kerja  sekolah  adalah  salah  satu  komponen  dari  perencanaan  program sekolah.  Rencana  kerja  sekolah  menggambarkan  tujuan  yang  akan  dicapai  dalam kurun  waktu  tertentu  sebagai  dasar  pengelolaan  sekolah  dalam  mendukung peningkatan mutu lulusan (Lampiran Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 bagian A 4). Rencana kerja sekolah harus
disusun secara komprehensif dan menggambarkan upaya sekolah dalam mencapai SNP sesuai dengan potensi sekolah dan dukungan lingkungan setempat. Oleh karena itu program kerja sekolah disusun berdasarkan hasil analisis konteks yang mencakup:
a.     Analisis  8  (delapan)  SNP    (Standar  Isi,  Standar  Kompetensi  Lulusan,  Standar Proses,  Standar  Penilaian,  Standar  Pengelolaan,  Standar  Pendidik  dan  Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana dan Standar Pembiayaan) sebagai acuan dalam penyusunan KTSP.
b.  Analisis  kondisi  yang  ada  di  satuan  pendidikan  yang  meliputi  peserta  didik, pendidik  dan  tenaga  kependidikan,  sarana  prasarana,  biaya,  dan  program-program.
c.  Analisis  peluang  dan  tantangan  yang  ada  di  masyarakat  dan  lingkungan  sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi  profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya.
                 Rencana kerja sekolah terdiri atas rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan. Rencana kerja sekolah dituangkan dalam dokumen yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait (Lampiran Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 bagian A 4). Rencana  kerja  jangka  menengah  menggambarkan  tujuan  yang  akan  dicapai  dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan  komponen  yang  mendukung  peningkatan  mutu  lulusan  (Lampiran Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 bagian A 4). RKT  adalah  rencana  kerja  tahunan  sekolah/madrasah  yang  berdasar  pada  rencana
kerja  jangka  menengah  (empat  tahunan)  yang  dinyatakan  dalam  Rencana  Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) sebagai istilah lain dari Rencana Anggaran Penerimaan  dan  Belanja  Sekolah/Madrasah  (RAPB-SM)  (Lampiran  Peraturan  Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007).
                 Rencana  kerja  tahunan  memuat  ketentuan  mengenai  kesiswaan,  kurikulum  dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana  dan  prasarana,  keuangan  dan  pembiayaan,  budaya  dan  lingkungan  sekolah, peran serta masyarakat, dan kemitraan, rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada  peningkatan  dan  pengembangan  mutu  (Lampiran  Permendiknas  Nomor  19 Tahun 2007 bagian A 4). Prioritas  program/kegiatan  pencapaian  SNP  yang  akan  diprogramkan  pada    RKAS 
(program tahunan) ditetapkan dengan  mempertimbangkan:
a.     Standar yang memiliki ketercapaian tinggi, dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia di sekolah,  baik tenaga, sarana prasarana maupun pembiayaan.
b.  Standar  yang  Pengelolaan  dan  penyelenggaraannya  sepenuhnya  menjadi kewenangan sekolah (sesuai prinsip MBS)  dan tidak tergantung pada kebijakan Daerah atau Pusat.

B.       Deskripsi Lembaga
A.       Profil Sekolah
1.    Identitas Madrasah
            Nama Madrasah    :    MA. NAHDLATUSSYBYAN
            Desa/Keluraha       :    WONOKETINGAL
            Kecamatan             :    KARANGANYAR
            Kabupaten             :    DEMAK
            Provinsi                  :    JAWA TENGAH
2.    Keadaan Madrasah
1.        Tahun pendirian       :  1995
2.        Tahun beroperasi      :  1996
3.        Status tanah             : tanah wakaf
4.        Luas tanah                :  7092 M2
5.        Status bangunan       :  Milik sendiri
3.    Tenaga kependidikan      
1.        Kepala   Madrasah        :    1   Orang
2.        Guru Mapel                   :    38 Orang
3.        Guru DPK                    :    7   Orang
4.        Tenanga administrasi    :    7   Orang
5.        Penjaga                         :    3   Orang

4.    Kondisi Bangunan
No
Jenis ruang
Jumlah
Luas M2
Kondisi ruang
Ket.
Baik
Rusak ringan
Rusak berat
1
Ruang Kelas
12
49 M2
4
2
-

2
Ruang Kantor
4
14 M2
2
-
-

3
Ruang Laborat
4
6 M2
1
1
-

4
Ruang TU
1
10 M2
1
-
-

5
Ruang WC
12
5 M2
2
3
-

6
Ruang Perpus
1
10 M2
-
1
-

7
Gudang
1
5 M2
1
-
-

8
Parkir
1
20 M2
1
-
-


B.       Analisis SWOT
1.        Kekuatan
a.    Satu-satunya Madrasah yang ada di lingkungan sekitarnya
b.    Lingkungan yang strategis karena dekat dengan jalan raya dan perkotaan
c.    Mendapat dukungan dari masyarakat khususnya orang tua siswa yang sejak dari awal masyarakatnya sangat antusia terhadapa pendidikan Agama.
d.   Dukungan dari siswa yang memiliki minat belajar agama yang tinggi.
2.        Kelemahan
a.    Keadaan ekonomi orang tua yang menengah ke bawah sebab masyarakat desa
b.    Tingkat pendidikan guru yang belum seluruhnya S-1
c.    Kegiatan belajar mengajar guru belum maksimal
d.   Sebagian besar siswa dan orang tua belum mempunyai kesadaran yang tinggi tehadap mutu dan kualitas sekolah
3.        Peluang
a.    Guru mata pelajaran Eksak atau maple UN adalah guru yang sudah sesuai dengan kompetensinya
b.    Terciptanya siswa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang tinggi sehingga patuh terhadap ulama’ dan guru sangat tinggi
4.        Tantangan
a.    Tantangan adanya filterisasi kemajuan teknologi terutama adalah HP dan Internet
b.    Globalisasi yang menuntut kesiapan generasi yang siap menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
c.    Ekonomi orang tua yang minim sehingga memungkinkan banyak siswa yang berprestasi tidak bisa melanjutkan sekolah yang lebih tinggi
5.        Langkah-langkah pemecahan masalah
a.    Mencari orang tua asuh atau masayarakat yang peduli dengan pendidikan
b.    Mencari sumber beasiswa baik dilingkungan yayasan atau diluar yayasan
c.    Melakukan pembinaan terhadap guru baik secara langsung ataupun lewat pembinaan dan monitoring pengawas
d.   Mengirimkan guru dalam setiap kegiatan pelatihan atau pemninaan baik yang di MGMP, KKM, K3M, atau penaratan guru
e.    Penambahan pengadaan bahan dan sumber belajar
f.     Pelatihan teknologi computer, hotspot area, pembuatan media pembelajaran
g.    Mengirimkan siswa dalam setiap even kegiatan baik itu bidang akademik atau bidang olah raga
h.    Melakukan bimbingan lewat ekstrakulikuler dan konseling









BAB III
HASIL TELAAH

A.           Pengertian Perencanaan Pendidikan
1.    Perencanaan
Perencanaan adalah proses menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi dan apa yang akan dilakukan, serta rangkaian proses kegiatan itu di laksanakan agar harapan tersebut dapat terwujud menjadi kenyataan di masa yang akan dating dalam jangka pendek dan jangka panjang (Sa’ud dan Makmun, 2006)
2.    Perencanaan Pendidikan
Pada haketnya Perencanaan merupakan suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkankeputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi sperti (peristiwa, keadaan, suasana),dan sebagainya. Perencanaan bukanlah masalah kira-kira, manipulasi atau teoritistanpa fakta atau data yang kongkrit. Dan persiapan perencanaan harus dinilai. Bangsalain yang terkenal perencanaannya adalah bangsa Amerika Serikat. Perencanaan sangat menentukan keberhasilan dari suatu program sehingga bangsa Amerika dan bangsa Jepang akan berlama-lama dalam membahas perencanaan daripadaaplikasinya
B.            Perencanaan Pendidikan Jangka Panjang
Perencanaan pendidikan Jangka Panjang yang ada di MA. NAHDLATUSSYBYAN Desa Wonoketingal Kec. Bonang Kabupaten Demak, antara lain yaitu :

PROGRAM JANGKA PANJANG
MA. NAHDLATUSSYBYAN
TAHUN 2012-2013
No.
Kondisi Saat ini
Kondisi yang Diharapkan (lima tahun ke depan)
Besarnya Tantangan Nyata
A.
PRESTASI SEKOLAH



1.  Olimpiade Sains (Fisika) Peringkat 20 besar Nasional
Peringkat 5 Nasional
15 tingkat

2.  Olimpiade Matematika peringkat 25 besar propinsi
Peringkat 10 Nasional
15 tingkat

3.  Lomba karya tulis peringkat 10 Nasional
Peringkat 5 Internasional
5 tingkat

4.  Kejuaraan Bulu Tangkis Peringkat 7  Propinsi
Peringkat 5 Nasional
2 tingkat

5.  Lomba Catur Peringkat 5 Propinsi
Peringkat 3 nasional
2 tingkat

LULUSAN



Rata-rata nilai ujian nasional 8,02
Nilai ujian nasional 8,12





B.
SARANA PRASARANA DAN MEDIA PEMBELAJARAN



1.  Sarana Prasarana pembelajaran baru terpenuhi 60% (masih kekurangan  ruang komite, aula/gedung olah raga serba guna)
Sarana Prasarana pembelajaran terpenuhi 100%
40%

2.  Media pembelajaran baru tersedia 8 Notebook, 6 LCD Projector
Tersedia sebanyak ruangan belajar yaitu 12 notebook dan LCD Projector yang dipasang permanen di setiap ruangan
12 Notebook & 12 LCD Projector

3.  Media Pembelajaran baru tersedia 4 TV dan 5 VCD Player
Tersedia sebanyak 12 TV dan VCD Player yang dipasang permanen di setiap ruangan
8 TV dan 7 VCD Player
C.
TENAGA KEPENDIDIKAN / SDM



1.  Tenaga pendidik baru 90% berkualifikasi S1
Tenaga pendidik 100% berkualifikasi S1
10%

2.  30% tenaga pendidik mempunyai kompetensi berbahasa Inggris dan menggunakan ICT dalam PBM
50% tenaga pendidik mempunyai kompetensi berbahasa Inggris dan menggunakan ICT dalam PBM
20%

3.  30% tenaga non kependidikan menguasai komputerisasi administrasi dan tingkat pendidikan S1
50% tenaga non kependidikan menguasai komputerisasi administrasi dan tingkat pendidikan S1
20%




D.
MANAJEMEN



1.  50% staf sekolah memiliki kemampuan manajerial
100% staf sekolah memiliki kemampuan manajerial
50%

2.  EMIS / SIMP baru tersedia 40%
EMIS / SIMP tersedia 100%
60%

3.  Komputerisasi Administrasi sekolah baru 50%
Komputerisasi sekolah sudah mencapai 100%
50%




E.
PEMBIAYAAN



1.  Kontribusi biaya persiswa per tahun Rp 650.000,00
Kontribusi biaya per siswa per tahun Rp 5.600.000,00
Rp 4.950.000

2.  Sumber pendanaan penyelenggaraan pendidikan baru 3 sumber (pemerintah pusat, daerah dan komite)
Sumber pendanaan penyelenggaraan pendidikan diharapkan menjadi 6 sumber
3 sumber




F.
PROSES BELAJAR MENGAJAR



1.   Proses pembelajaran  belum memenuhi standar nasional pendidikan, yaitu baru 40% guru melaksanakan CTL
Proses pembelajaran  sudah memenuhi standar nasional pendidikan, yaitu 100% guru melaksanakan CTL
60%

2.  30 % guru sudah dapat menggunakan ICT sebagai media pembelajaran.
100 % guru sudah dapat menggunakan ICT sebagai media pembelajaran.
70%




G.
PENILAIAN



Pengembangan model penilaian sesuai tuntutan kurikulum Nasional 80%
Pengembangan model penilaian sesuai tuntutan kurikulum Nasional 100%
20%




H.
KURIKULUM



Sudah tersusun Kurikulum berstandar Nasional 85%
Tersusun 100% Kurikulum Berstandar Nasional
15%

C.           Hasil Telaah
Dari program jangka panjang yang ada di MA. Nahdlatussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak diatas yang belum terealisasi ada dua yaitu Penambahan Sarana Prasarana dan Penambahan Edukasi.
Telaah kritis dari perencanaan program jangka panjang di MA. Nahdlatussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak, menurut Sa’ud dan Makmun, adalah sebagai berikut :
1.      Pengembangan Pembangunan
Pengembangan pembangunan di MA. Nahdlatussibyan Wonoketingal tidak hanya mengembangkan infrastruktur fisik saja tetapi lebih pada orientasi pada pengembangan pembangunan sumber daya manusia
2.      Pengembangan Sarana Prasarana
Pengembangan Sarana Prasarana tetap dikembangkan dalam rangka untuk menambah dan merevisi peralatan yang sudah tidak sesuai lagi, sehingga harus ada program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang
3.      Hemat Biaya
Karena MA. Nahdlatussibyan Wonoketingal itu terletak di Desa makan terkadang segala sesuatu kurang dan banyak kendala dalam perjalanan terutama adalah dana maka dalam hal ini ada penghematan dalam segala hal baik itu Man, Money, Method, Material, machine dan sebagainya.
4.      Renstra yang diberikan kepada makalah belum lengkap hanya beberapa pokok unsur yang terdapat dalam sistematika renstra saja, kata pengantar tidak ada, daftar isi tidak ada, batang tubuh yang memuat : pendahuluan tidak ada, dasar kebijakan ada, identifikasi tantangan nyata ada, analisis swot ada, dan seterusnya masih banyak yang kurang, sehingga ini memungkinkan Resnstra di buat oleh sekolah tersebut tapi dalam hal pelaksanaannya terkadang terlupakan atau tidak di jalankan sehingga kemajuan yang akan dicapai tidak maksimal.
BAB IV
PENUTUP

A.           Kesimpulan
Perencanaan Pendidikan adalah suatu proses untuk mempersiapkan keputusan untuk kegiatan – kegiatan dan aktifitas  di masa depan yang diarahkan untuk mencapai tujuan dengan cara yang lebih maksimal dan optimal untuk pembangunan ekonomi dan sosial  serta menyeluruh dari suatu Negara (makro).
Resnstra Merupakan proses berkelanjutan dan sistematis dari pembuatan keputusan yang berisiko, dengan memanfaatkan sebanyak-banyaknya pengetahuan antisipatif dan mengorganisasikannya secara sistematis untuk usaha-usaha melaksanakan keputusan tersebut dan mengukur hasilnya melalui umpan balik yang sistematis.

B.            Saran
Dari segala program yang ada baik itu program jangka pendek, program jangka menengah dan program jangka panjang harus disesuaikan dengan keadaan dan kondisi dana atau keuangan Madrasah atau sekolah yang ada, sehingga tujuan pendidikan akan dapat tercapai dengan baik.
Dengan penerapan Renstra pada sekolah terdapat beberapa kemajuan (misalnya: Indikator kinerja, target setting: hasil dan lain-lain), jangan sampai dikatakan renstra Agak lebih pragmatis, seperti mempertimbangkan constraint anggaran, dan lebih “berwujud” action plan saja.








DAFTAR PUSTAKA


Udin Syaefudin Sa’ud, M. Ed., PhD., Prof. Dr. Abin Syamsudin Makmun, M. A. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Dr. Endang Soenarya, Teori Perencanaan Pendidikan. Yogyakarta: ADICITA KARYA NUSA.
Depdiknas 2009, Renstra Depdiknas 2010-2014.
Hunger Y. David, 1996. Man Strategis























LAMPIRAN-LAMPIRAN
(DIAMBIL SEBAGIAN RENSTRA YANG PENTING)































READ MORE - MENGKRITISI RENSTRA SUATU INSTITUSI

PLPG Tahap III Univeristas Muslim Nusantara (UMN)




PLPG Tahap III Univeristas Muslim Nusantara (UMN)
A. Waktu Pelaksanaan : Tanggal 16 - 25 Juli 2012
B. Peserta:

PESERTA KAB/KOTA
Kabupaten Dairi      
Kabupaten Humbahas                                 
Sumber : http://www.umnaw.com
READ MORE - PLPG Tahap III Univeristas Muslim Nusantara (UMN)

Undangan UKA di UNIMED untuk Guru Kemenag


Undangan UKA UNIMED Guru Kemenag Panitia Sertifikasi guru (PSG) Rayon UNIMED Medan dari web resminya menginformasikan :
Untuk Bapak Ibu Guru KEMENAG yang akan mengikuti PLPG di LPTK UNIMED ada ketentuan sebagai berikut :
1.    Mengikuti UKA pada hari Sabtu 14 Mei 2012 pukul 09.00-11.00 di Gd Serba Guna Unimed. Peserta yang tidak mengikuti UKA dianggap mengundurkan diri.
2.    Guru dengan mapel MUATAN LOKAL segera melapor ke Panitia untuk kejelasan program studinya.
3.    Guru Menyerahkan berkas (sebelum pelaksanaan UKA) sebagai bahan verifikasi yang terdiri dari:
a.    Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi. Fotokopi ijazah dari perguruan tinggi  dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan, fotokopi ijazah dari perguruan tinggi swasta yang sudah tidak beroperasi dilegalisasi oleh kopertis, dan fotokopi ijazah dari luar negeri dilampiri fotokopi surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang dilegalisasi oleh atasan. Ijazah SLTA dilegalisasi oleh sekolah yang mengeluarkan ijazah.
b.    Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan.
c.    Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan.
d.    Surat rekomendasi dari Mapenda kabupaten/kota
e.    Pas Foto 3 x 4 cm terbaru/warna
READ MORE - Undangan UKA di UNIMED untuk Guru Kemenag

Kamis, 05 Juli 2012

Hasil Penilaian Ujian Ulang PLPG Tahap I dan II



Panitia Sertifikasi Rayon IAIN Walisongo Semarang telah mengumumkan hasil Penilaian Ujian Ulang PLPG Tahap I dan II. Untuk Bapak Ibu guru yang telah mengikuti ujian ualng tersebut dapat melihat hasilnya :

A. Surat Keputusan Keputusan hasil Penilaian download disini
B. Hasil Penilaian, download disini
READ MORE - Hasil Penilaian Ujian Ulang PLPG Tahap I dan II

Makalah Kepemimpinan Sekolah, Tes Akademik Diklat Calon Kepala Sekolah Ketentuan



Makalah Kepemimpinan Sekolah, Tes Akademik Diklat Calon Kepala Sekolah
Ketentuan
1. Tema
Tema besar yang diangkat dalam menulis makalah ini adalah kepemimpinan sekolah/madrasah.
2. Isi Makalah
Makalah kepemimpinan yang dituliskan memuat :
a. Pemikiran calon tentang keterampilan kepemimpinan. Di dalam bagian ini, calon menuliskan pandangan/pemikirannya tentang keterampilan kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Keterampilan ini meliputi keterampilan Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan (4M) sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan institusi (sekolah/madrasah).
b. Penilaian diri sendiri tentang penerapan 4 M yang telah calon lakukan di sekolah/madrasah. Di dalam bagian ini, calon menilai diri sendiri terkait dengan keterampilan calon dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan (4M) sumber daya pendidikan (daya dukung sekolah/madrasah) dalam pencapaian tujuan sekolah/madrasah. Penilaian diri sendiri ini harus didukung oleh uraian pengalaman kepemimpinan calon yang dapat digali dari penerapan tugas pokok dan tambahan calon di sekolah/madrasah, yang meliputi: pengalaman calon ketika menjadi Pemimpin Pembelajaran (Guru), Wakil Kepala Sekolah/Madrasah, Pembina OSIS, Penanggung-jawab Ekstrakurikuler lainnya, Ketua Jurusan, Ketua Program, Wali Kelas, Koordinator Penerimaan Siswa baru, Ketua Laboratorium, Koordinator suatu kegiatan, dan lain-lain.
c. Rencana tindakan kepemimpinan calon kepala sekolah/madrasah.
Di dalam bagian ini, calon harus menuliskan rencana tindakan kepemimpinan yang didasarkan pada hasil penilaian terhadap diri calon yang telah dilakukan di bagian sebelumnya. Misalnya, jika calon merasa masih kurang di dalam keterampilan mempengaruhi orang, bagaimana cara calon meningkatkan keterampilan ini ? Cara peningkatan keterampilan ini harus dituangkan ke dalam rencana tindakan bagian pertama, yang memuat : rencana program, alasan pemilihan program, dan langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
Selain rencana tindakan bagian pertama, calon juga harus merumuskan rencana tindakan bagian kedua. Untuk membuat rencana tindakan kedua ini, pertama-tama calon harus ‘melihat’ dan menceritakan kondisi sekolah/madrasah tempat calon bertugas sekarang. Jika calon menjadi pemimpin di sekolah/madrasah ini, apa yang akan calon lakukan untuk meningkatkan kualitas sekolah/madrasah ini ? Apa yang akan calon lakukan ini dituangkan dalam rencana tindakan yang memuat : rencana program, alasan pemilihan program, dan langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
Aturan Penulisan
1. Waktu dan Tempat
a. Waktu yang dialokasikan dalam penulisan makalah kepemimpinan adalah 5 x 45 menit.
b. Penulisan makalah dilakukan di tempat seleksi.
2. Rambu-rambu Penulisan
a. Makalah ditulis tangan dengan rapi, menggunakan ballpoint dengan warna tinta biru.
b. Penulisan dilakukan pada kertas folio bergaris yang telah distempel oleh panitia.
c. Jumlah tulisan minimal empat halaman folio tanpa spasi (jika menggunakan spasi, tulisan terdiri dari delapan halaman folio).
d. Makalah ditulis dengan tulisan yang rapi dan huruf cetak (bukan bersambung)
3. Buku sumber atau referensi
Peserta TIDAK diperbolehkan membawa berbagai buku sumber atau referensi.
Bahan Bacaan : Juklak Penulisan dan Penilaian MK Calon KS-M
READ MORE - Makalah Kepemimpinan Sekolah, Tes Akademik Diklat Calon Kepala Sekolah Ketentuan

KOMPETENSI GURU BAHASA JAWA




KOMPETENSI GURU BAHASA JAWA
1. Mernahami landasan dan wawasan pendidikan
a. Mehamahi landasan pendidikan, fliosofis, sosiologis, cultural, psikologis, ilmiah dan teknologis.
b. Memahami asas-asas pokok pendidikan.
c. Memahami aliran-aliran pendidikan.
d. Memahami teori belajar.
e. Memahami peserta didik.
f. Memahami pendekatan system dalam pendidikan.
g. Memehami tujuan pendidikan nasional.
h. Memahami kebijakan-kebijakan pendidikan nasional.
i. Mernahami kebijakan pendidikan di SLTP.
2. Memahami materi pembelajaran Bahasa Jawa Menguasai pokok-pokok bahasan pembelajaran Bahasa Jawa yang terdiri dari empat pokok bahasan.
a. Ketrampilan berbahasa Jawa, meliputi:
1) menyimak;
2) berbicara;
3) membaca;
4) menulis, meliputi menulis huruf latin berbahasa Jawa dan menulis dengan hurufJawa.
b. Kebahasaan, meliputi:
1) fonologi Bahasa Jawa;
2) morfologi Bahasa Jawa;
3) sintaksis Bahasa Jawa;
4) semantik Bahasa Jawa;
5) wacana Bahasa Jawa.
c. Materi Kesusasteraan, meliputi pengetahuan tentang tembang, guritan, parikan, dan carita cekak.
d. Materi ketrampilan bersastra, meliputi nembang macapat dan dolanan, maca guritan.
3. Menguasai pengelolaan pembelajaran Bahasa Jawa
a. Mampu mengidentifikasi karaktenstik peserta didik
b. Mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran Bahasa Jawa
c. Mampu mengembangkan maten pembelajaran Bahasa Jawa
d. Mampu mengembangkan metode, media, dan sumber belajar
e. Mampu menentukan strategi pembelajaran
f. Memiliki ketrampilan dasar-dasar pembelajaran Bahasa Jawa
g. Mampu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sesuai tujuan dan karktenstik Bahasa Jawa
4. Menguasai evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa.
a. Menguasai konsep evaluasi.
b. Mampu memilih dan mengembangkan metode evaluasi sesual sesuai tujuan pembelajaran Bahasa Jawa.
c. Mampu mengembangkan instrument evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa.
d. Mampu melaksanakan evaluasi, pensekoran, dan interpretasi hasil evaluasi.
e. Mampu menggunakan hasil-hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Jawa.
5. Memiliki kepribadian, wawasan profesi dan pengembangannya.
a. Memiliki sikap, nilai moral dan berperilaku sebagai pendidik.
b. Memiliki integritas dan dedikasi sebagai pendidik.
c. Memiliki komitmen terhadap pengembangan profesi.
d. Mampu mengkomunikasikan gagasan-gagasan secara efektif dalam forum imiah (lisan dan tulisan).
e. Menguasai metodologi penelitian dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk kepentingan pembelajaran.
f. Mampu mengadopsi dan mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan.
Sumber Bacaan : Makalah Konggres bahasa Jawa, Kompetensi Pengajar
READ MORE - KOMPETENSI GURU BAHASA JAWA

Perpisahan Kls 9 2012



READ MORE - Perpisahan Kls 9 2012

Senin, 02 Juli 2012

EURO 2012 SUKSES

10 Hal yang Membuat Euro 2012 Sukses Besar


Euro 2012 kali ini sangatlah akbar dengan tuan rumah dari 2 negara yaitu Polandia & Ukraina.Sudah pastinya sebelum Euro 2012 ini berlangsung,para peminat sepakbola dari kaum pria bahkan kaum hawapun menyambutnya dengan meriah.Tapi,teman-teman tahu tidak apa rahasia dibalik kesuksesan Euro 2012 kali ini ??? Yuk kita lihat rahasia-rahasianya 

1.Hiburan istimewa bagi semua kalangan
Semua pertandingan Euro 2012 telah memberikan kesan tersendiri. Maksudnya adalah tak satu pun pertandingan yang digulirkan berakhir 0-0 sejak dimulainya turnamen ini. Hal ini membuat semua orang merasa terhibur walaupun mereka bukanlah seorang suporter yang fanatik terhadap salah satu tim.


2.Banyak hasil yang mengejutkan dan tak terduga
Munculnya kejutan-kejutan yang tak terduga selama di pertandingan turnamen Euro 2012 ini. Timnas Belanda yang sejak awal difavoritkan menjadi juara, harus angkat koper lebih awal. Belanda kalah dari Denmark, Portugal dan Jerman yang berada dalam satu grup yang disebut grup neraka. Belanda juga tidak membawa hasil kemenangan satu poin pun di turnamen berkelas dunia ini.


3.Pengakuan global
Setiap laga kejuaraan Euro 2012 yang disiarkan ke seluruh negara di dunia semakin menyatakan bahwa sepak bola mengalami perkembangan dari hari ke hari. Euro 2012 juga telah sukses menjadi sebuah program acara olah raga secara komersial.


4.Gol-gol yang spektakuler dan luar biasa
Gol yang luar biasa telah tercipta sepanjang pertandingan. Salah satunya adalah ketika Andrea Pirlo mencetak sebuah gol lewat tendangan bebasnya merupakan penampilan yang spektakuler. Kejadian seperti ini banyak ditunggu oleh para penggila bola yang ingin menyaksikan aksi-aksi fantastis pemain-pemain idola mereka.


5.Kebangkitan tidak terduga dari tim-tim non unggulan
Seperti yang sering terjadi dalam kompetisi kejuaraan, ada tim-tim non unggulan yang diharapkan akan pulang lebih awal. Tim Yunani di tahun 2004 membuktikannya dengan menjadi juara Euro kala itu. Yunani merupakan tim yang tidak diunggulkan. Kini, mereka ingin mengulang kembali sejarah setelah memastikan diri lolos menuju babak perempat final.


6.Kesempatan Spanyol untuk kembali menjadi yang terhebat
Menyandang gelar juara bertahan Euro 2008 dan juara Piala Dunia 2010, Spanyol mengincar gelar internasionalnya yang ketiga di tahun ini. Spanyol lolos ke babak perempat final dan menjadi juara grup C dengan statistik dua kali menang dan sekali seri. Akankah Spanyol kembali menjadi yang terhebat?


7.Kerja para wasit yang profesional
Adanya beberapa insiden kecil di lapangan yang mengganggu jalannya pertandingan, namun keputusan wasit sejauh ini masih berjalan cukup adil. Ada masanya wasit akan menentukan keputusan terbaik selama pertandingan demi terciptanya arah lebih baik ke depan. Semoga mereka akan menerapkan standar yang telah ditetapkan.


8.Momen-momen dramatis yang mengejutkan
Kemenangan Inggris 3-2 atas Swedia menunjukkan kekuatan masing-masing karakter tim dalam permainan. Tendangan tumit Wellbeck yang menghasilkan gol menjadikannya sebuah momen dramatis yang berakhir dengan kemenangan.


9.Cuaca yang tidak stabil
Kemenangan Perancis 2-0 atas Ukraina dibarengi hujan yang sangat deras. Ramalan cuaca Eropa bagian timur tak dapat diperhitungkan. Para pendukung masing-masing tim Euro 2012 kadang harus rela berbasah kuyup karena hujan demi mendukung tim kesayangan mereka.


10.Bisakah ini terjadi?
Sepak bola telah menjadi olah raga nomor 1 di dunia, namun di Euro 2012 sendiri masih ada beberapa masalah yang dapat mengganggu? Tidak dipungkiri bahwa transportasi menuju ke tempat pertandingan menjadi masalah bagi para suporter. Kekerasan antar suporter pun tak luput sering terjadi. Namun, sepak bola telah menyuguhkan permainan yang menarik dengan penampilan pemain-pemain terbaiknya. Para suporter kini juga telah bersatu penuh suka cita untuk membela masing-masing timnya, warna atribut yang dibawa pun juga sangat dinamis. Jadi tak ada yang perlu dirisaukan karena turnamen kejuaraan ini baru saja dimulai.



Nah...setelah kita tahu rahasia-rahasianya,saya punya pertanyaan nih.Yang jujur ya jawabnya :) :) :)

  1. Mungkinkah Indonesia jadi "tuan rumah" ??? 
  2. Siapakah tim favorit anda ???
  3. Siapa nama pemain jagoan anda ???
Udah dulu ya sobat,semoga sepakbola Indonesia bisa maju,gak ada lagi sebentar-bentar kerusuhan,mencetak pemain-pemain berkualitas

SOURCE : http://mylaboratorium.blogspot.com/2012/06/10-rahasia-euro-2012-sukses-besar.html#ixzz1zS07orBR
READ MORE - EURO 2012 SUKSES
Biografi dan Profil Tokoh TerkenalRumah Yatim, Anak Yatim, Panti Yatim, Panti Asuhan, Panti Sosial, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Baitul Maal, Sedekah, Zakat, Infaq, Wakaf, Hibah, Donatur, Badan, Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, Dompet Peduli, Pondok Yatim, Pecinta YatimToko Online Aksesoris wanita no.1 di Indonesia-Aini's CollectionFree automatic backlinks exchangeAuto Backlink Gratis Indonesia : AUTO BACKLINK Teralis, Railing Tangga, Railing Balkon, Kanopi, Pintu Besi, Pintu Pagar, Pagar Besi, Pintu Garasi, Tangga BesiALAT BANTU SEX- OBAT KUATDaftar PTC Indonesia pilihan yang selalu membayar Ptc indonesia terbaru,ptc indonesia terpercaya,daftar ptc terpercaya,list ptc indonesia terpercaya,situs ptc indonesia yang bisa dipercaya Free Automatic Backlinks ExchangesFree Automatic Backlinks ExchangesFree Automatic Backlinks ExchangesAqillah Aziz indian classifieds, india classified ads, free classified ads, buy sell free classifieds from india, classified yellow pages, indian ads, post free ads, indian advertisements, free advertising, post sell ads, post buy ads, free job postings, free matrimonial ads, car classifieds, auto classifieds, used stuff, local ads, ads for sale, local classifieds india, click india, property for sale, sell used cars, education institutes, travel deals, mumbai real estate, new delhi restaurants, hotels in bangalore, online classifieds india, buy sell free classifieds, online ads, free ads, indian ads, where can i post free ads, post free business ads, post free employment ads, free online ads posting, how to post free ads, post free banner ads, post free ads internet, free business advertising, local classified ads, free internet classified ads, post free dog ads, placing free ads online, free online advertising sites, where to place free classified ads, used cars classified ads, submit free classified ads, sites to post ads for free, kijiji, free classifieds nyc, post free classified ads no registration, sell car free ads, free online advertising sites, autos, ads for, one india, free classifieds in keralagrahafenomenahati. ALBUM KELUARGA H.M SOEKARNO Rt.04/03 PATIKRAJADownload Mp3 Lagu Religi Mawar Biru Keris adalah budaya asli Indonesia BACKLINK OTOMATIS GRATIS Fenomena Hati . download-aplikasi-gratisbanyumas Pustaka Link Fenomena Hati download-aplikasi-gratisbanyumasdownload-aplikasi-gratisbanyumasSAHABAT UNGU Ciptaan Terbaik Tuhan
Ratu Galunggungarinmawarbirukita download-aplikasi-gratisbanyumas
Kumpulan Artikel Islamiperjalananjihad Daftar Lagu Islami Desa Patikraja. Solusi hosting gratis dari Google Code CHANNEL---TV---DESA PATIKRAJA 10 000 000 Backlinks. 10 000 000 Backlinks. Bunda Watie  Link Exchange/Tukar Link. Media-Aisah Bella  Arin Mawar Rindu (Puisi Biru)Link Exchange/Tukar Link. CHANNEL---TV---Ugiarti Pratiwi AISAH BELLA Exchange/Tukar Link. CHANNEL---TV---AISAH BELLA  Bunda Watie  Link Exchange/Tukar Link. Majalah Roro Mendot  cewek cantik Indonesia   Arin Mawar Rindu (Puisi Biru)Link Exchange/Tukar Link. Bunda Watie  Link Exchange/Tukar Link. NYAI Roro Mendot-AISAH BELLA  AISAH BELLA Exchange/Tukar Link.

submit your site