BAB II
WAWASAN KEMADRASAHAN
A. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
Materi Pokok
Firman Allah SWT tentang Wawasan Kemadrasahan : Mujadilah : 11
Artinya ;
Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Setiap orang atau lembaga yang ingin maju pasti akan memiliki pandangan atau cita-cita atau biasa kita sebut dengan Visi. Tentunya cita-cita atau visi tersebut bukan hanya keinginan semata akan tetapi diharapkan terwujud. Seseorang yang ingin menjadi dokter pasti melalui proses yang panjang, mulai pendidikan dasar ia jalani sampai dengan pendidikan tinggi dengan jurusan yang sesuai. Tidak akan mungkin memiliki cita-cita menjadi seorang dokter kemudian masuk perguruan
tinggi dengan jurusan teknik. Demikian juga madrasah kalian pasti memiliki visi yang ingin diwujudkan. Untuk merealisasikan visi tersebut semua komponen yang ada di madrasah harus ikut secara maksimal. Sekarang apa yang bagaiamana pendapatmu agar visi madrasahmu bisa terwujud? Untuk mewujudkan visi diperlukan tindakan yang sesuai atau bisa kita sebut dengan misi. Coba diskusikan bagaiamana merealisasikan misi yang dimiliki oleh madrasahmu! Motivasimu masuk ke madrasah akan sangat menentukan keberhasilanmu dalam pembelajaran. Duh pula pada seberapa besar upaya yang akan dilakukan terhadap pencapaian visi dan misi madrasahmu. Dalam rangka merealisasikan visi dan misi madrasah maka ditentukan tujuan. Tujuan inilah yang akan memperjelas pencapaian visi maupun misi. Menurut kalian bagaiamanakah peran kalian untuk ikut aktif melaksanakan tujuan madrasah? Untuk mewujudkan visi dan misi madrasah kalian harus memiliki kemauan dan kerja keras serta bekerja sama seluruh komponen madrasah melaksanakan kegiatan-kegiatan madrasah dengan penuh tanggung jawab .
B. CIRI KHAS MADRASAH
1. Akhlak Berpakaian
Materi Pokok:
Firman Allah SWT tentang: Akhlak Berpakaian QS. Al-A’raaf: 26
Artinya ;
Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa. Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.
Baca dan renungkan dua ayat tersebut di atas! Apa yang dapat kalian petik dari dua ayat tersebut di atas yang berkaitan dengan cara kita berpakaian? Sebagai seorang muslim yang mencintai bangsanya kita menggunakan pakaian yang dapat menjaga kehormatan dirinya serta suka menggunakan produksi dalam negeri.
2. Akhlak Berbicara
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang: Akhlak berbicara : QS. An-Nisaa: 114
Artinya; Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau Mengadakan perdamaian di antara manusia. dan Barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keredhaan Allah, Maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.
Cobalah kalian fahami ketiga ayat tersebut di atas! Apa yang terkandung dalam ayat tersebut dan bagaimanakah adab seorang muslim ketika berbicara dan mendengarkan pembicaraan orang lain?
3. Akhlak Pergaulan
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang Akhlak Pergaulan : QS. Al-Hujurat : 13
Artinya ;
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
Cobalah kalian renungkan ayat tersebut di atas! Mengapa kita diperintahkan untuk senantiasa bergaul dengan sesama dengan baik. Hikmah apa yang dapat kita ambil mengapa kita diperintahkan untuk selalu bergaul sesuai denga ayat tersebut di atas?
C. KURIKULUM
1. Struktur Kurikulum
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang struktur kurikulum : QS.al-Baqarah : 2
Artinya ; Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan pendidikan tertentu tersebut mencakup tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada standar nasional pendidikan bertujuan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses,kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,pembiayaan, dan penilaian pendidikan.
2. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang KKM : QS. Ar-Rahman : 9
Artinya; dan Tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.
KKM adalah batas minimal nilai yang harus dicapai oleh peserta didik. Setiap mata pelajaran memiliki batas minimal nilai yang disebut dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang harus dicapai siswa agar dapat naik jenjang kelas berikutnya. Siswa yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi pastilah akan berusaha keras untuk mendapatkan nilai terbaik di setiap mata pelajaran. Karena jika nilai mata pelajaran yang diperolehnya lebih rendah dari Kriteria niliai minimal yang harus diperoleh siswa atau yang biasa disebut dengan KKM, maka ia akan tertinggal di kelasnya. Setelah kalian mengetaui KKM masing-masing pelajaran di madrasahmu tentu sudah memiliki kiat atau strategi yang akan kalian lakukan agar bisa memperoleh nilai melebihi matas minimal. Upaya apa yang harus kalian lakukan agar dapat memperoleh nilai yang baik? Sebagai rasa syukur pada Allah SWT, serta rasa sayangmu kepada orang tua yang telah bekerja keras membiayai kebutuhanmu sehingga memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan belajar, Apa yang dapat kalian lakukan untuk dapat mempersembahkan sesuatu yang terbaik di hadapan Allah dan orangtuamu? Ingatlah bahwa kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya akan tetapi harus diraih dengan kerja keras dan bertawakkal pada Allah SWT.
3. Kriteria Kenaikan Kelas
Materi Pokok
Firman Allah SWT tentang Kriteria Kenaikan Kelas QS. Al-Hujurat : 13
Artinya; Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
a. Upaya memenuhi Kreteria Kenaikan Kelas
Untuk dapat naik kelas jenjang berikutnya, kalian harus dapat memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh madrasah atau yang biasa disebut dengan Kreteria Kenaikan Kelas. Karenanya kalian harus berusaha keras memenuhinya. Semangat yang tinggi, bekerja keras serta belajar rajin akan sangat membantu kalian mampu untuk memenuhi persyaratan tersebut.
b. Contoh Ketentuan Kreteria Kenaikan Kelas
Kriteria Kenaikan Kelas sebagai berikut :
a. Persyaratan akademik :
1. Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran
2. Menyelesaikan seluruh program pada dua semeter dikelas yang diikuti
3. Telah mencapai KKM
4. Kenaikan kelas didasarkan pada nilai semester I dan II dengan cara perhitungan :
a. Menghitung nilai rata-rata semester I dan II pada mata pelajaran tersebut
b. Menghitung rata rata KKM semester I dan II pada mata pelajaran tersebut
c. jika nilai rata-rata semester I dan II sama atau lebih besar dari rata-rata KKM, maka mata pelajaran tersebut dinyatakan tuntas
5. SK dan KD yang tidak tuntas maksimal 4 mata pelajaran
b. Persyaratan non akademik
1. Mengikuti kegiatan ektrakurikuler
2. Mempunyai nilai B (baik) pada nilai akhlak dan kepribadian
3. Hafal asmaul husna Kelas VIII
4. Hafal surat yasin kelas IX
5. Hafal dzikir dan tahlil kelas VIII.
6. Kehadiran minimal 85%
c. Persyaratan Karakter
Memperoleh nilai baik nilai karakter minimal B pada karakter religius, disiplin dan peduli lingkungan
d. Siswa dinyatakan mengulang di kelas yang sama apabila :
a. Tidak menuntaskan SK dan KD lebih dari 4 Mata Pelajaran
b. Tidak memenuhi keriteria kenaikan kelas
c. Ketika mengulang di kelas yang sama nilai siswa untuk semua indikator, kompetensi dasar dan standar kompetensi yang KKM-nya sudah dicapai minimal sama dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya.
Kita harus memiliki semangat kemandirian, tekun dan bekerja keras agar mampu memenuhi kriteria tersebut sehingga setiap jenjang kelasa dapat dilalui dengan baik.
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH
Alamat : Jl. Raya Jali – Demak Km.03 Kode pos 59552 08282577203
Nama : …………………………….. Alamat : …………………………………….
Materi : Wawasan Kemadrasahan Pemateri : Mudhofar, S. Pd.
Kerjakan dan jelaskan Soal Dibawah ini dengan benar dan tepat !
1.Apa yang menjadi motivasi kalian untuk memasuki madrasah ini? Jelaskan dan beri alasanmu!
2.Sebutkan langkah-langkah untuk mewujudkan motivasi kalian masuk madrasah ini !
3.Tuliskan dan ikrarkan komitmenu untuk mewujudkan motivasimu masuk madrasah ini!
4.Apa yang bisa kalian lakukan agar visi madrasahmu dapat terwujud?
5.Langkah-langkah apa yang kamu lakukan untuk mewujudkan misi dan tujuan madrasahmu!
6.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasahmu!
7.Identifikasilah ciri ciri berpakaian islami!
8.Kemukakanlah apa manfaat dari berpakaian islami!
9.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen untuk senantiasa berpakaian Islami!
10.Deskripsikanlah adab berbicara kepada orang tua, guru, masyarakat dan teman!
11.Apa yang kamu lakukan ketika berbicara dengan orang tua,guru,masyarakat dan teman!
12.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen bagaiamana kamu adab berbicara dengan orang tua, guru, teman dan masyarakat!
13.Bagaimanakah akhlaq pergaulan yang sesuai dengan ajaran Islam?
14.Bagaimanakah cara bergaul menurut Islam terhadap orang tua, guru, masyarakat dan teman?
15.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen bagaiamana kamu bergaul dengan orang tua, guru, teman dan masyarakat!
16.Kelompokkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama!
17.Sebutkan penyebab mata pelajaran yang disukai dan yang kurang disukai!
18.Langkah apa saja yang kamu lakukan pada mata pelajaran yang diminati agar dapat meningkat prestasinya!
19.Langkah apa saja yang kamu lakukan pada mata pelajaran yang kurang diminati agar
20.memperoleh hasil yang sama dengan pelajaran yang kamu minati!
21.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan agar semua mata pelajaran yang dipelajari memperoleh nilai baik!
22.Tulislah KKM masing-masing mata pelajaran di madrasah kamu!
23.Tuliskan langkah-langkah yang kamu lakukan untuk mencapai KKM yang telah ditentukan di madrasah!
24.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk dapat mencapai KKM di madrasahmu!
25.Jelaskan pengertian kriteria kenaikan kelas menurut pendapatmu!
26.Jelaskan mengenai ketentuan kriteria kenaikan kelas di madrasahmu!
27.Langkah-langkah apa yang kamu lakukan untuk mencapai kriteria kenaikan kelas tersebut? Sebutkan!
28.Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen untuk senantiasa melakukan
29.langkah-langkah guna mencapai kriteria kenaikan kelas di madrasahmu!
Jawaban di sebaliknya !!!
READ MORE - MATERI MOS WAWASAN KEMADRASAHAN
Jumat, 20 Juli 2012
Minggu, 08 Juli 2012
PERSIAPAN TAHUN AJARAN BARU 2012/2013
Para Bapak Ibu Dewan Guru yang terhormat, sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru, dimana kita selaku sebagai guru harus sudah mempersiapkan diri untuk membuat perangkat pembelajaran baik mulai dari silabus, RPP, KKM dan lain-lain, maka dari itu saya kali ini akan mempostingkan tentang perangkat awal pelajaran baru yang mungkin bapak/ibu butuhkan diantaranya ada kaldik, ada mopdik dan sebagainya bisa anda download di bawah ini :
1. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan
2. Surat Edaran Penyelenggaraan Madrasah
3. PERMENNEGPANRBNO.16 TAHUN 2009 JABFUNGGURUDANAKNYA
4. .Matrik membangun madrasah
5. Juknis Permen No 35
6. permendiknas nomor 38 tahun 2010.
7. BERSAMA MENDIKNAS DAN BKN TTG JUKLAK JAB FUNGGURU DAN HAKNYA
8. Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB.
9. .Hari Efektif
10. .KALDIK MI/RA 2012.
11. ralat Pedoman Penerimaan Peserta didik 2012/2013.
12. Pedoman MOPD bagi Guru MA.
13. Silabus MOPDIK MTs / MA.
14. jadwal ppdb 2012.
15. Pedoman MOPD bagi Guru MTs
16. power point mopd.
17. KALDIK MA 2012.
18. KALDIK MA 2012
itu yang dapat saya posting untuk persiapan para Bapak/Ibu dewan guru menghadapi tahun ajaran baru semoga bermanfaat, amin.....
SYARAT GURU PINDAH KE STRUKTURAL
Syarat Guru Pindah Ke Struktural :
1. Surat Pengantar dari Kantor Kemenag Kota/Kab.
2. Permohonan Pribadi
3. Surat pernyataan mengundurkan diri dari jabatan guru
4. Surat persetujuan dari kantor kemenag
5. SK Kenaikan pangkat terakhir
6. DP3 Tahun terakhir
7. Karpeg
8. Surat persetujuan pengawas
apabila persyaratan tersebut sudah lengkap urusan kepegawaian setempat akan mengirimkan berkas saudara ke kanwil untuk di proses. apabila saudara berpangkat III/d ke bawah maka surat keputusan cukup di buat dari kanwil namun apabila saudara berpangkat IV/a keatas, maka kanwil akan mengirimkan berkas permohonan mutasi tersebut ke pusat untuk diterbitkan surat keputusan.
Sabtu, 07 Juli 2012
A. | Tentang Paspor Dinas | ||
1. | Pengertian dan Eligibility | ||
Paspor dinas adalah
dokumen perjalanan RI yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri RI
untuk Warga Negara Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri
dalam rangka dinas bukan diplomatik. (UU No.9 tahun 1992 pasal 32).
Perlu dimengerti bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan
paspor dinas. Menurut PP Nomor 36 tahun 1994 pasal 12 dan Surat
Keputusan Menteri Luar Negeri No.089 tahun 1995 pasal 5 ayat b dan
pasal 9, yang dapat memperoleh paspor dinas adalah :
|
|||
Catatan: UU No.9 tahun 1992 telah diubah dengan Perpu Nomor 3 Tahun 2009 yang kemudian ditetapkan menjadi Undang Undang Nomor 37 Tahun 2009. | |||
2. | Masa Berlaku | ||
Berdasarkan SK Menlu RI No.PK/SK.031/IV/94/01, Paspor Dinas berlaku 5 tahun, dengan ketentuan sebagai berikut:
|
|||
3. | Penerbit Paspor Dinas | ||
Paspor dinas hanya dapat dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri RI c.q Direktur Konsuler, Kepala Perwakilan RI di luar negeri atau pejabat yang ditunjuk dapat memperpanjang, mengubah isi paspor atau mencabut paspor dinas. Setiap perubahan, perpanjangan atau pencabutan paspor dinas harus dilaporkan kepada Menteri Luar Negeri. | |||
4. | Memperpanjang Paspor Dinas | ||
Perpanjangan baik Paspor Dinas di
Departemen Luar Negeri maupun di Perwakilan RI dilakukan untuk masa
perpanjangan 1 tahun berdasarkan surat keputusan penugasan yang
bersangkutan. Setiap permohonan perpanjangan paspor dinas harus
menyerahkan surat keputusan penugasan (dalam hal SK Sekkab) dan
mengisi formulir permohonan perpanjangan paspor tersebut. Adapun syarat-syarat perpanjangan paspor dinas adalah sebagai berikut: 1. Paspor Asli 2. Mengisi Formulir Perpanjangan Paspor Dinas 3. Pasphoto 2(dua) lembar ukuran paspor (2X2 inci) |
|||
5. | Pencabutan Paspor Dinas | ||
Paspor dinas dapat dicabut karena :
|
|||
B. | Pengurusan Paspor Dinas bagi Dosen dan Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama RI | ||
Persyaratan pembuatan surat Izin Tugas Belajar dan Paspor Dinas bagi Dosen/Pegawai di lingkungan PTAIN yaitu : | |||
|
|||
C. | Pengisian Formulir melalui Komputer | ||
Pengisian formulir
Surat Perjanjian dan Daftar Riwayat Hidup dapat ditulis dengan tinta,
atau dilakukan melalui komputer dengan cara sbb.:
|
BEASISWA LUAR NEGERI
Persaingan global perguruan tinggi meniscayakan adanya peningkatan profesionalisme dan pengembangan kapasitas (capacity building)
para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini dapat dilakukan
melalui berbagai cara, antara lain dengan memberikan kesempatan kepada
mereka untuk belajar ke luar negeri.
Setidaknya ada tiga nilai strategis (strategic value)
yang bisa didapatkan dari pengalaman belajar ke luar negeri. Pertama,
pengalaman akademik yang diperoleh dari universitas-universitas
mancanegara merupakan modal berharga untuk meningkatkan kinerja para
dosen dan tenaga kependidikan dalam menunjang tugas dan fungsi
masing-masing.
|
||
Kedua, pengalaman menghadapi beragam budaya, pandangan hidup dan
pola pikir dari para dosen serta kolega selama belajar di luar negeri
diharapkan akan mampu membuka wawasan dan menambah kemampuan untuk
berfikir analitik dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan
pendekatan dari berbagai sudut pandang. Ketiga, perkenalan dengan banyak
mahasiswa dari berbagai negara pada gilirannya akan sangat bermanfaat
untuk membangun kemitraan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di
Indonesia.
Bertolak dari latar belakang di atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI memberikan kesempatan dan bantuan beasiswa ke luar negeri kepada tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan PTAI serta tenaga administratif di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. |
INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
1.
Nama Guru : ……………………………..
2.
Sekolah : ……………………………..
3.
Kelas, Semester : ……………………………..
4.
Identitas Mata pelajaran : ……………………………..
5.
Standar Kompetensi : ……………………………..
6.
Kompetensi Dasar :……………………………..
7.
Hari tanggal : ……………………………..
No
|
URAIAN
KEGIATAN
|
KRITERIA
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menjelaskan tujuan dan
kompetensi dasar
|
|
|
|
|
2.
|
Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai
dengan silabus
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan isi kegiatan kepada
siswa/langkah kegiatan
|
|
|
|
|
4.
|
Menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dengan siswa
|
|
|
|
|
5.
|
Menggunakan respon siswa dalam
menyelenggarakan kegiatan
|
|
|
|
|
6.
|
Menggunakan media dan alat
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
|
|
|
|
|
7.
|
Menyelenggarakan kegiatan
dengan urutan yang logis
|
|
|
|
|
8.
|
Menggunakan berbagai metode
dalam menjelaskan isi kegiatan
|
|
|
|
|
9.
|
Membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan secara individual
maupun kelompok
|
|
|
|
|
10.
|
Memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk
berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan
|
|
|
|
|
11.
|
Memberikan penguatan kepada siswa
|
|
|
|
|
12.
|
Melaksanakan penilaian selama
kegiatan berlangsung
|
|
|
|
|
13.
|
Menutup kegiatan dengan tepat
|
|
|
|
|
14.
|
Memberikan tugas/PR
|
|
|
|
|
|
Jumlah NILAI RIIL = .....
|
|
|
|
|
|
Jumlah NILAI IDEAL = 56
|
KLASIFIKASI
……………….
|
|||
|
Nilai PERSENTASI = .....
%
|
A : Baik Sekali :
76% - 100%
|
B : Baik :
56% - 75%
|
C : Cukup :
26% - 55%
|
D : Kurang :
0% - 25%
|
SARAN PEMBINAAN
:
Guru Kelas/
Mata Pelajaran
……………………
NIP
|
Banjarmadu,
Kepala SDN
Banjarmadu
MOCHMAD MAS’UD, S.Pd
NIP. 19610512
198201 1022
|
Langganan:
Postingan (Atom)